Pages

24 Des 2013

Pengertian Ekoton ( ecotone)

Suatu ekoton adalah suatu zona (daerah) peralihan (transisi) atau pertemuan  antara dua komunitas yang berbeda dan menunjukkan sifat yang khas. Daerah transisi antara komunitas rumput dan hutan atau daerah peralihan antara dua komunitas besar seperti komunitas akuatik dan komunitas terestrial merupakan contoh ekoton.
            Jadi ekoton merupakan pagar komunitas (batas komunitas). Seperti diketahui biasanya berubah secara perlahan-lahan atau secara gradient. Komunitas dapat berubah secara tiba-tiba sebagai akibat lingkungan yang tiba-tiba terputus atau karena interaksi tanaman terutama kompetisi. Pada keadaan yang pertama (tiba-tiba terputus) ekoton merupakan daerah peralihan yang merupakan campuran dari dua tipe komunitas yang bersebelahan. Pada keadaan yang kedua (kompetisi) ekoton dapat dikenal jelas. Komunitas ekoton umumnya mempunyai banyak organisme dari dua komunitas yang saling bertautan dan yang memperlihatkan ciri-ciri yang khas dan batas yang jelas antara ekoton dan tetangganya (disampingnya) dengan demikian ekoton berisikan spesies yang lebih banyak dan kepadatan populasi yang sering lebih daripada komunitas disampingnya.
            Kecenderungan meningkatnya variasi dan kepadatan pada komunitas peralihan dikenal sebagai efek pinggir/tepi (edge effect). Organisme yang paling banyak atau paling lama dalam zone peralihan disebut jenis pinggir (edge spesies).
Ekoton ditempati oleh spesies-spesies yang distintive (berbeda)/unik dengan ekosstem disekitarnya. Contoh : areal rawa sering terbentuk diantara permukaan air terbuka didanau dan lahan kering.
Contoh ecotone alami yang sering dijumpai yaitu daerah pantai. Daerah ini merupakantransisi atau pertemuan antara komunitas yang berada pada daerah teresterial dan komunitas pada daerah lautan (akustik). Contoh ecotone buatan yang sering dijumpai yaitu hutan mangrove buatan. Habitat mangrove ini kebanyakan ditemukan pada pertemuan antara sungai dan air laut, oleh karena itu terjadi pertemuan antara komunitas penghuni air sungai dan komunitas penghuni air laut.
Ada beberapa hal yang membedakan dari sebuah ecotone . Pertama, sebuah ecotone dapat memiliki transisi vegetasi tajam, dengan garis tegas antara dua komunitas. Misalnya, perubahan warna rumput atau tanaman hidup dapat mengindikasikan ecotone. Kedua, perubahan dalam fisiognomi (penampilan fisik dari spesies tanaman) dapat menjadi indikator kunci. Para ilmuwan melihat variasi warna dan perubahan tinggi tanaman. Ketiga, perubahan spesies dapat menandakan ecotone. Akan ada organisme tertentu pada satu sisi dari sebuah ecotone atau yang lain.
Fig.1 & 2 show simple ecotones with equal and homogeneous surfaces in both cases. Fig.3 shows an inclusion of each medium in the other, creating multiple ecotones, which are shown in a more complex form in figure 4. Fig. 5 & 6 show the edges of forests or banks treated in such a way as to lengthen the ecotone considerably without excessively modifying the environment. Fig.7 shows a common interpenetration of media (such as that found at the edge of a forest). Fig.8 shows an ecotone that could have been formed by an animal modifying its environment.
Faktor-faktor lain yang dapat menggambarkan atau mengaburkan suatu ecotone, misalnya, migrasi dan pembentukan tanaman baru. Ini dikenal sebagai efek massa spasial, yang terlihat karena beberapa organisme tidak akan mampu membentuk populasi mandiri jika mereka menyeberangi ecotone tersebut. Jika spesies yang berbeda dapat bertahan hidup di kedua masyarakat dari dua bioma, maka ecotone yang dianggap memiliki kekayaan spesies, ahli biologi mengukur ini ketika mempelajari rantai makanan dan keberhasilan organisme. Terakhir, kelimpahan spesies eksotis dalam sebuah ecotone dapat mengungkapkan jenis bioma atau efisiensi dari kedua komunitas berbagi ruang. Karena sebuah ecotone adalah zona di mana dua komunitas mengintegrasikan, berbagai bentuk kehidupan harus hidup bersama dan bersaing untuk ruang. Oleh karena itu, sebuah ecotone dapat menciptakan ekosistem yang beragam.
Perubahan lingkungan fisik dapat menghasilkan batas yang tajam, seperti dalam contoh antarmuka antara kawasan hutan dan membuka lahan). Di tempat lain, area interface yang lebih bertahap dicampur akan ditemukan, di mana spesies dari masing-masing komunitas akan ditemukan bersama serta spesies lokal yang unik. Gunung berkisar sering membuat ecotones tersebut, karena berbagai kondisi iklim yang dialami di lereng mereka. Mereka juga dapat memberikan batas antara spesies karena sifat obstruktif medan mereka. Mont Ventoux di Perancis adalah contoh yang baik, menandai batas antara flora dan fauna dari utara dan selatan Perancis. Sebagian besar lahan basah ecotones.
Tanaman dalam kompetisi memperpanjang sendiri di satu sisi ecotone sejauh kemampuan mereka untuk mempertahankan diri mereka sendiri memungkinkan. Di luar ini pesaing dari masyarakat yang berdekatan mengambil alih. Akibatnya ecotone mewakili pergeseran dominasi. Ecotones sangat signifikan untuk hewan mobile, karena mereka dapat memanfaatkan lebih dari satu set habitat dalam jarak pendek . Ecotone berisi tidak hanya spesies umum kepada masyarakat di kedua belah pihak, tetapi juga dapat mencakup sejumlah spesies yang sangat mudah beradaptasi yang cenderung menjajah wilayah transisi seperti fenomena peningkatan berbagai tanaman serta hewan di persimpangan masyarakat disebut efek tepi dan pada dasarnya karena lebih luas lokal dari kondisi lingkungan yang sesuai atau relung ekologi.
          Sebuah ecotone sering dikaitkan dengan ecocline: "fisik zona transisi" antara dua sistem. The ecotone dan ecocline konsep kadang-kadang bingung: sebuah ecocline dapat menandakan ecotone kimia (ex : pH atau salinitas gradien), atau microclimatically(hidrotermal gradien) antara dua ekosistem. Sebaliknya, sebuah ecocline adalah variasi dari lingkungan fisikokimia tergantung dari satu atau dua faktor fisiko-kimia kehidupan, dan dengan demikian ada/tidaknya spesies tertentu. Sebuah ecocline bisa menjadi termoklin, chemocline(gradien kimia), halocline(salinitas gradien) atau pycnocline (variasi densitas air yang disebabkan oleh suhu atau salinitas). Sebuah ecotone menggambarkan variasi prevalensi spesies dan sering tidak sepenuhnya tergantung pada faktor fisik yang besar yang memisahkan ekosistem dari yang lain, dengan menghasilkan variabilitas habitat. Sebuah ecotone sering mengganggu dan sulit untuk diukur.

Nama: Muthia Raidha
NIM: B0A013015

Tugas Terstruktur Biodas I

6 komentar: